Selasa, 18 Oktober 2016

Pertemuan I


MULTIMEDIA
Disusun untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah: Sistem Multimedia
Dosen Pengampu: Yulius Eka Agung Seputra,ST,MSi









Disusun oleh:

Cucu Desi Anggraeni
(41514310021)

FAKULTAS ILMU KOMPUTER
TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS MERCUBUANA
BEKASI
2016



Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website. 

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara) dan juga berupa ( berwujud). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis. 

Manfaat multimedia 
Media berbasis komputer tentu memiliki manfaat dalam proses pembelajaran. 
Manfaat tersebut antara lain: 
1)Komputer dapat meningkatkan motivasi peserta didik.
2)Komputer mampu memberikan informasi tentang kesalahan dan jumlah waktu belajar serta waktu untuk mengerjakan soal - soal kepada peserta didik.
3)Pembelajaran berbantuan komputer dapat dijadikan salah satu alternatif untuk mengatasi kelemahan pada pembelajaran berkelompok.
4)Pembelajaran berbantuan komputer dapat membantu peserta didik untuk rampil memilih bagian-bagian pelajaran yang hendak dipelajarinya.
5)Pembelajaran berbantuan komputer bermanfaat bagi peserta didik yang seringkali merasa kesulitan untuk mengikuti pembelajaran tradisional.
6)Dengan pembelajaran berbantuan komputer peserta didik tidak merasa malu jika melakukan kesalahan, karena dalam pembelajaran berbantuan komputer dialog yang terjadi adalah dialog perseorangan antara peserta belajar dengan komputer.
7)Pembelajaran berbantuan komputer sangat mendukung pembelajaran individual, di mana sistem pembelajaran individual dianjurkan dalam pendidikan modern. 

Multimedia komputer memungkinkan peserta didik untuk lebih mengenal dan terbiasa dengan komputer yang saat ini sudah sangat dikenal dan digunakan oleh banyak orang. Komputer merupakan media penyampai pembelajaran yang efektif. Keunggulan pembelajaran dengan menggunakan media berbasis komputer diungkapkan oleh Latuheru (1988:122) antara lain: 
(1)menimbulkan motivasi bagi mereka untuk lebih menekuni materi yang disajikan; 
(2)dengan adanya warna, musik, grafik, yang dianimasi dapat menambahkan realisme, dan merangsang untuk mengadakan latihan-latihan kerja, kegiatan laboratorium dan simulasi; 
(3)kecepatan dalam menaggapi respon pembelajar, sesuatu yang mengandung nilai-nilai penguat; 
(4)kemampuan mengingat secara cepat, tepat, dicatat dengan baik untuk merencanakan langkah selanjutnya; 
(5)kemampuan komputer dalam menyimpan dokumen secara aman, pembelajaran individual dapat dijalankan dengan baik 



Paper dapat didownload disini :
https://drive.google.com/open?id=0BwC29BPkH-vxQXRFdWdHMGZqZEU

0 komentar:

Posting Komentar

 

Asal Usil Asik Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon