Selasa, 18 Oktober 2016

Pertemuan II


MEDIA AUDIO VISUAL

Disusun untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah: Sistem Multimedia
Dosen Pengampu: Yulius Eka Agung Seputra,ST,MSi








Disusun oleh:

Cucu Desi Anggraeni
(41514310021)

FAKULTAS ILMU KOMPUTER
TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS MERCUBUANA
BEKASI
2016



BAB I
PENDAHULUAN




Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan membantu keefektifan proses pembelajaran dalam  penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan memadatkan informasi.  

Bentuk-bentuk media pembelajaran itu sendiri terdapat berbagai macam bentuk. Klasifikasi menurut pemakaiannya ada tiga macam bentuk media yang digunakan, yaitu media auditif, media visual, dan media audio visual. Dalam pembahasan makalah ini akan diterangkan lebih jelas tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan audio visual.


A. RUMUSAN MASALAH

1.Apa Pengertian Media Audio, Visual, dan Audio Visual serta kelebihan dan kekurangannya ?
2.Cara Pemakaian Media Audio Visual Dalam Pembelajaran


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Media Audio, Visual, dan Audio Visual
1.Pengertian Media Audio 
Media audio yaitu media yang berkaitan dengan indera pendengaran. Pesan yang akan disampaikan dituangkan dalam lambang-lambang auditif, baik verbal (kedalam kata-kata/bahasa lisan) maupun non verbal. Beberapa jenis media yang termasuk dalam kelompok ini adalah radio, dan alat perekam pita magnetik.

a.Radio
Radio merupakan perlengkapan elektronik yang dapat digunakan untuk mendengarkan berita yang bagus dan aktual, dapat mengetahui beberapa kejadian dan peristiwa-peristiwa penting dan baru, masalah-masalah kehidupan dan sebagainya.

b. Perekam pita magnetik
    Perekam pita magnetik adalah salah satu media pendidikan yang tak dapat diabaikan untuk menyampaikan informasi, karena mudah menggunakannya. Ada dua macam rekaman dalam alat perekam pita magnetik ini, yaitu sistem : “full track recorder” dan “double track recorder”.

2.Kelebihan dan kekurangan media audio 

a.Kelebihan media audio
1)Harga murah dan variasi program lebih banyak dari pada TV.
2)Sifatnya mudah untuk dipindahkan.
3)Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali. 
4)Dapat merangsang partisipasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya. 

b.Kekurangan media audio
1)Memerlukan suatu pemusatan pengertian pada suatu pengalaman yang tetap dan tertentu, sehingga pengertiannya harus didapat dengan cara belajar yang khusus.
2)Media audio yang menampilkan simbol digit dan analog dalam bentuk auditif adalah abstrak, sehingga pada hal-hal tertentu memerlukan bantuan pengalaman visual.
3)Karena abstrak, tingkatan pengertiannya hanya bisa dikontrol melalui tingkatan penguasaan perbendaharaan kata-kata atau bahasa, serta susunan kalimat.
4)Media ini hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah mempunyai kemampuan dalam berpikir abstrak.
5)Penampilan melalui ungkapan perasaan atau simbol analog lainnyadalam bentuk suara harus disertai dengan perbendaharaan pengalaman analog tersebut pada si penerima.

3.Pengertian Media Visual 

Media berbasis visual (image atau perumpamaan) memegang peranan yang sangat penting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Agar menjadi efektiv, visual sebaiknya ditempatkan pada konteks yang bermakna dan siswa harus berinteraksi dengan visual (image) itu untuk meyakinkan terjadinya proses informasi. Yang termasuk dalam kelompok ini yaitu Gambar representasi, Diagram, Peta, Grafik, Overhead Projektor (OHP), Slide, dan Filmstrip.

4.Kelebihan dan kekurangan media visual 

a.Kelebihan media visual
1)Repeatable, dapat dibaca berkali-kali dengan menyimpannya atau mengelipingnya.
2)Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan
3)Dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik
4)Media visual memungkinkan adanya interaksi antara peserta didik denga lingkungan sekitarnya
5)Dapat menanamkan konsep yang benar
6)Dapat membangkitkan keinginan dan minat baru
7)Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.

b.Kekurangan media visual
1)Lambat dan kurang praktis
2)Tidak adanya audio, media visuaal hanya berbentuk tulisan tentu tidak dapat didengar. Sehingga kuraang mendetail materi yang disampaikan
3)Visual yang terbatas, media ini hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili isi berita
4)Biaya produksi cukup mahal karena media cetak harus menyetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati oleh masyarakat.

5.Pengertian Media Audio Visual
    Media audio-visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media auditif (mendengar) dan visual (melihat). Media Audiovisual merupakan sebuah alat bantu audiovisual yang berarti bahan atau alat yang dipergunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan kata yang diucapkan dalam menularkan pengetahuan, sikap, dan ide.
Dari hasil penelitian media audiovisual sudah tidak diragukan lagi dapat membantu dalam pengajaran apabila dipilih secara bijaksana dan digunakan dengan baik. Beberapa manfaat alat bantu  audiovisual adalah:
1.Membantu memberikan konsep pertama atau kesan yang benar;
2.Mendorong minat;
3.Meningkatkan pengertian yang lebih baik;
4.Melengkapi sumber belajar yang lain;
5.Menambah variasi metode mengajar;
6.Menghemat waktu;
7.Meningkatkan keingintahuan intelektual;
8.Cenderung mengurangi ucapan dan pengulangan kata yang tidak perlu;
9.Membuat ingatan terhadap pelajaran lebih lama;
10.Dapat memberikan konsep baru dari sesuatu diluar pengalaman biasa. 
 
B.       Cara Pemakaian Media Audio Visual Dalam Pembelajaran

Dalam pengaplikasian media audio visual ada hal-hal yang harus dipersiapkan misalnya; guru harus tau cara pengoprasian media tersebut, guru harus terlebih dahulu tahu konten alat bantu yang akan digunakan, dan yang pasti harus sesuai dengan indikator pencapaian yang akan dicapai. Berikut akan dijelaskan saran-saran untuk menggunakan media audio visual dalam pembelajaran agar dapat berfungsi secara optimal:
1)Bahan yang disajikan harus mengarah langsung pada masalah yang dibicarakan oleh kelompok, dalam artian harus terarah.
2)Bahan seyogianya hanya disajikan pada waktu yang tepat sehingga tidak menyebabkan terputusnya kelangsungan berpikir.
3)Pimpinan sebaiknya mengetahui bagaimana menjalankan alat bantu.
4)Alat bantu sebaiknya mengajarkan sesuatu, tidak sekedar menayangkan sesuatu.
5)Partisipasi pelajar sangat diharapkan dalam situasi ketika alat bantu audio visual digunakan.
6)Rencana mutlak diperlukan untuk membuat bahan yang disajikan dengan alat bantu lebih efektif.
7)Beberapa alat bantu sebaiknya digunakan.
Alat bantu audio visual sebaiknya digunakan secara hati-hati dan disimpan dengan baik.


BAB III
PENUTUP
    
Demikian makalah ini penulis buat. Penulis sadar bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca sangat diharapkan agar makalah yang kedepan dapat lebih baik. Semoga makalah ini bermanfaat bagi semuanya, Amin.

A.KESIMPULAN 
 
1.Media audio yaitu media yang berkaitan dengan indera pendengaran. Media berbasis visual (image atau perumpamaan) memegang peranan yang sanagat penting dalam proses belajar. Media audio visual adalah suatu media pembelajaran yang dalam penerapannya menenggabungkan dua indra manusia yaitu indra pendengaran dan indra penglihatan. Melalui media ini proses belajar mengajar cenderung lebih efektif dan peserta didik lebih mudah dalam menangkap materi belajar. 

2.Jenis-jenis media audio visual ada dua yaitu media audio visual gerak dan media audio visual diam. Media audio visual gerak meliputi film, video dan televisi. Sedangkan media audio visual diam meliputi  Film bingkai suara (sound slides) dan film rangkai suara.  

3.Karakteristik media audio visual: bersifat linier; menyajikan visual yang dinamis; digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang/pembuatnya; merupakan representasi fisik dari gagasan real atau gagasan abstrak; dikembangkan menurut prinsip psikologis behaviorisme dan kognitif; serta berorientasi kepada guru dengan tingkat pelibatan interaktif murid yang rendah. 

4.Kelebihan dan kekurangan media audivisual yaitu sesuai dengan jenis media dari mcam-macam bentuk media yang digunakan. Masing-masing media tersebut memiliki kelbihan dan kekurang sendiri-sendiri sesuai dengan manfaat penggunaannya. 

5.Dalam pengaplikasian media audio visual ada hal-hal yang harus dipersiapkan misalnya; guru harus tau cara pengoprasian media tersebut, guru harus terlebih dahulu tahu konten alat bantu yang akan digunakan, dan yang pasti harus sesuai dengan indikator pencapaian yang akan dicapai. Berikut akan dijelaskan saran-saran untuk menggunakan media audio visual dalam pembelajaran agar dapat berfungsi secara optimal


Paper dapat di download :
https://drive.google.com/open?id=0BwC29BPkH-vxQjM5WjlNMzR5TkE 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Asal Usil Asik Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon